Cara Cek Tagihan Listrik Dengan Cepat dan Mudah

Cara Cek Tagihan Listrik - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek tagihan listrik PLN. Listrik adalah kebutuhan utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya listrik, kita akan kesusahan dikarenakan listrik merupakan pemasok energi untuk menghidupkan lampu dan berbagai alat elektronik lainnya. Listrik bisa kita nikmati pastinya dengan konsekuensi kita harus membayar beban tagihan listrik selama sebulan pemakaian. Apabila kita berhemat dalam pemakaiannya pastinya akan sedikit biaya yang kita keluarkan, namun jika berlebihan pastinya akan membuat kita banyak mengeluarkan uang untuk membayarnya.
Cara Cek Tagihan Listrik::


Mengetahui tagihan listrik PLN secara dini pastinya akan mempermudah kita dalam mengontrol pemakaian listrik sehingga kita bisa mengantisipasi biaya yang akan kita keluarkan. Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik PLN jika kita hanya tahu membayarnya di akhir bulan saja, perlukah kita pergi ke kantor PLN, Bank atau Kantor Pos? Di era modern seperti sekarang janganlah khawatir kebingungan bagaimana caranya mengecek tagihan listrik PLN. Berikut adalah beberapa cara mengecek tagihan listrik yang bisa di terapkan.

Sekarang ini memang jamannya serba instan dengan adanya perkembangan teknologi. PLN juga sudah menerapkan kemajuan teknologi dalam sistemnya dengan tujuan untuk mempermudah para pelanggannya. Tercatat saat ini PLN sudah menerapkan tiga cara untuk mengecek tagihan listrik PLN yaitu melalui SMS, dan juga via online melalui situs resmi PLN.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Melalui Internet :
  • Yang pertama yaitu melalui SMS, PLN menyediakan dua cara melalui media SMS yakni hanya mengecek tagihan listrik PLN di bulan tertentu atau dengan cara berlangganan langsung. Apabila berlangganan langsung, setiap bulannya Anda akan dikirimi SMS pemberitahuan biaya tagihan listrik untuk bulan yang sudah berjalan. Kita bisa mengecheck tagihan listrik PLN dengan cara mengirimkan SMS dengan format Ketik : REKNo ID Pelanggan Kirim ke 8123. Sedangkan untuk berlangganan SMS setiap bulannya, Anda bisa mengirimkan SMS dengan format Ketik : PLNONNo ID Pelanggan Kirim ke 8123. Kedua cara diatas berlaku untuk operator Telkomsel, Indosat, T Flexi dan Mobile-8. Dan untuk menggunakan SMS sebagai cara mengecek tagihan PLN, kita dikenakan biaya sebesar Rp 500 setiap SMS-nya. Apabila kita ingin berhenti berlangganan SMS tagihan listrik dari PLN, kita tinggal mengetikkan PLOFFID pelanggan dan di kirim ke 8123.
  • Cara yang kedua yaitu melalui bantuan internet atau via online. Untuk mengetahui tagihan listrik PLN, kita tinggal membuka situs PLN yaitu www.pln.co.id. Setelah terbuka, perhatikan bagian kanan tengah dari situs, akan ada form layanan online disana. Isikan ID pelanggan yang kita miliki di form kecil itu apabila sudah selesai klik tombol cek di sampingnya. Kemudian akan keluar keterangan berapa tagihan listrik PLN kita bulan ini. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa mengecek tagihan listrik kita bulan yang lalu dan bulan-bulan sebelumnya dengan cara memilih bulan yang kita inginkan dibawah form nama dan ID pelanggan kita.
Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai cara cek tagihan listrik. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.